Sakit Kepala Migrain

Sebetulnya bagaimana sich mekanisme terjadinya migrain? Menurut para ahli, dibagian otak terdapat sel yang disebut dengan thalamus, dimana informasi dari sistem visual dan informasi dari sistem nyeri bergabung.


Sekitar 85-90% penderita migrain memiliki fotofobia, yang membuat nyeri migrain menjadi-jadi ketika terpapar kilatan cahaya. Masalahnya, tidak ada petunjuk yang bisa menghubungkan antara pola nyeri dengan pola cahaya di otak. Sebab, di dalam otak, keduanya memiliki jalur yang berbeda.
Migrain ditandai dengan nyeri di satu siis yang dapat berkembang menjadi dua sisi, berdenyut dan intensitasnya ringan sampai berat. Hal ini dapat berlangsung selama 30 menit hingga 72jam. Rasa nyut-nyut ini disertai rasa mual atau muntah, biasanya berkurang atau membalik dengan istirahat.
Ada dua jenis migrain, yaitu migrain dengan aura dan migrain tanpa aura. Migrain dnegan aura diawali dengan serangan aura, misalnya si penderita merasa melihat kilatan cahaya atau melihat sensasi berbintang-bintang selama kurnag lebih 30 menit disertai serangan kepala. Sedangkan migrain tanpa aura, serangan terjadi dengan tiba-tiba, bisa salah satu atau berkembang di kedua sisi, akan tetapi umumnya satu sis kepala saja. Migrain tanpa aura lebih banyak terjadi, ketimbang migrain dengan aura.

8 comments:

  1. pernah kena migrain pas lg bawa sepeda motor, wuiih langsung blank, untung gak kenapa2...!!! nyuuutnya sakit banget...!!!

    ReplyDelete
  2. [J4j] Alhamd..memang kita harus waspada dalam segala hal,terlebih lagi kalau tahu sakit migrain.Extra hati-hati sahabat.

    ReplyDelete
  3. saya sering pusing-musing gitu mas,taku juga kalo kena migrain.hehe

    ReplyDelete
  4. Bukan main sakitnya migrain ini kawand.
    Serasa mau jatuh saja jika berjalan

    ReplyDelete
  5. aq biasanya kalau migrain kl terlalu cp, dan pas baru tidur sebentar tiba2 di bangunin, biasanya bgt, makasih sob dah follow balik

    ReplyDelete
  6. Kalau untuk migran saya krang tahu tapi saya suka sakit kepala kalau kecapean tapi mudah2n ini bukan migran cuma sakit kepala biasa saja...info mnarik sob sukses slalu.

    ReplyDelete
  7. untungnya saya gak pernah migrain hehee

    ReplyDelete