Penyebab Kulit Cepat Menua

Usia terus bertambah, daya tahan juga makin turun. Hal ini diikuti dengan menurunnya sel kulit kita, alias kulit makin kusut he..he...kayak kain, bisa kusut. Kadang kita menemukan usia muda, tidak terlalu tua, sel kulit sudah mulai menua. Kenapa ya?


Merokok, kelebihan berat badan dan rerkena paparan sinar matahari secara terus menerus adalah pemicu utama rusaknya sel kulit, sehingga kulit terlihat menua. Menurut para peneliti di Case Western Reserve Medical School, hal ini bisa bertambah buruk bagi orang yang mempunyai komposisi genetik hampir sama. Artinya, jika memiliki ibu dengan kulit yang sudah menua, maka Anda pun berpotensi sama.


Namun, jika tidak bermasalah dengan genetik maka penuaan kulit bisa dikontrol. Caranya adalah dengan menjaga gaya hidup sehingga terlihat kulit terlihat lebih muda untuk waktu yang lama.
Terkena sinar matahari dalam jangka yang panjang dapat memicu perubahan fisik dan struktur di kulit, sehingga kulit jadi rusak. Biasanya kerusakan kulit alami ditandai dengan tumbuhnya kerutan secara alami pula, namun kulit yang rusak akibat terkena sinar matahari justru ditandai oleh jumlah kerutan yang begitu banyak, titik hitam dan ekstra pigmentasi serta melebarnya pembuluh darah di wajah. Selain itu, ditemukan juga oleh para peneliti bahwa 40 % penuaan kulit dipengaruhi oleh lingkungan dan gaya hidup. Jadi marilah kita menjaga kulit kita dengan lebih waspada terhadap lingkungan dan gaya hidup kita.

2 comments:

  1. Perawatan kulit memng harus di perhatikan apalagi untuk wanita yang suka meremajakan kulit...

    nice posting.

    Mohon maaf lahir batin sob...selamat menuanaikan ibadah puasa,

    ReplyDelete
  2. Sering begadang, jg bisa menimbulkan keriput pada kulit. Istirahat yg cukup, olahraga teratur, dan makan2an seimbang.

    Satu lagi, jangan stress...!!!

    Selamat menunaikan ibadah puasa kang...!!!

    ReplyDelete