Tentang Pneumonia

Apa sich yang disebut dengan pneumonia? Mungkin sahabat jarang dengar, termasuk saya ^_^. Pada saat seseorang terkena influenza, umunya diikuti dengan menurunnya sistem imunitas tubuh. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya infeksi oportunis lainnya, seperti pneumonia oleh bakteri streptococcus pneumonia sebagai penyulit akibat komplikasi.

 sumber gambar
Yang disebut pneumonia pneumokokus adalah radang paru, yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus pneumonia. Bahkan, dalam keadaan komplikasi radang paru (pneumonia) dapat menimbulkan bahaya yang menakutkan yaitu kematian.
Beberapa orang yang rawan terkena infeksi bakteri penyebab pneumonia adalah mereka kelompok usia lanjut usia (diatas 60 tahun) atau orang-orang yang memiliki penyakit kronik seperti asthma, gangguan fungsi paru-paru, diabetik dan penyakit jantung.

 sumber gambar

Gejala-gejalan yang timbul apabila terjangkit pneumonia adalah
  • Demam yang dapat mencapai 40 derajat Celcius.
  • Tubuh menggigil.
  • Batuk berdahak.
  • Terasa sakit pada dada dan sesak nafas.
Cara termudah agar kita terhindar dari pnemonia adalah merubah pola hidup kita dengan cara yang lebih sehat. Serta dapat mengkonsumsi makan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan. Selain itu, Pneumonia yang disebabkan bakteri streptococcus pneumonia dapat dicegah dengan vaksinasi. Untuk pemberian vaksinasi ini, dapat diberikan dalam kurun waktu 5 tahun sekali.
Jangan lupa, untuk segera memeriksakan diri pada dokter apabila sahabat menemui gejala-gejala tersebut. Ataupun untuk sekedar menanyakan lebih lanjut tentang pneumonia ini.

4 comments:

  1. Pneumonia klo tidak salah dimasyarakat disebut paru2 basah. Beberapa orang bilang penyebabnya karena terlalu sering menghirup udara lembab.

    Penyebab pneumonia adalah bakteri. Udara yg lembab mengandung lebih banyak bakteri, sehingga jika kita menghirup udara lembab setiap hari kemungkinan terkena paru2 basah semakin besar.

    Klo salah tlong diperbaiki ya...!!! :)

    ReplyDelete
  2. [J4j] Betul..makasih tambahan infonya.

    ReplyDelete
  3. trmksh sob infonya
    MERDEKA!!! MERDEKA!!!

    ReplyDelete
  4. Perlu menjaga pola hidup sehat agar tidak terkena pneumonia terutama pneumonia pneumokokus. Setelah ikhtiar seperti itu lalu segalanya kita serahkan pada Allah SWT (tawakal). Terima kasih infonya

    Salam ukhuwah

    ReplyDelete