Menangkal kanker dengan Teh Hijau

Masih membahas seputar merokok.
Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh hijau, ternyata dapat mengurangi resiko perkembangan kanker paru, baik pada perokok maupun bukan perokok. Hal ini berhasil dibuktikan oleh para peneliti di Taiwan. Mereka menemukan dengan minum secangkir teh hijau sehari akan mengurangi resiko kanker paru sebanyak 13 kali pada non perokok dan 5 kali pada perokok.


Kandungan antioksidan yang bekerja untuk menangkal perkembangan kanker paru adalah polifenol. Kandungan polifenol ini dapat menggerus resiko kanker. Tetapi perlu diketahui, selain minum teh hijau, para pasien yang diteliti disini juga melakukan aktivitas lainnya, seperti asupan sayur dan buah yang cukup, pola makan yang teratur.


Walaupun begitu, kita jangan menyalahkan hasil penelitian ini. Artinya, kita dapat terus merokok dan diimbangi dengan rajin minum teh hijau. Dengan begitu, anggapan para perokok kanker paru dapat dihindari. Tidak jawabannya. Ingat, merokok merupakan inisiator dan promotor karsinogenesis (perkembangan kanker) yang utama. Merokok tetaplah akan meracuni tubuh. Selain resiko kanker paru, masih ada penyakit lain yang membayangi yaitu serangan jantung.
Penemuan khasiat antioksidan polifenol dalam teh hijau mengurangi perkembangan kanker baru dalam taraf penelitian. Sehingga, perlu dilakukan riset yang lebih besar lagi. Agar masyarakat lebih percaya dan mampu menghindari kanker paru.

1 comments: