Kiat Kesehatan Kulit Ketika Berpuasa

Bagi Sahabat yang sedang menjalankan ibadah Puasa, tentunya pasti akan mengurangi pasokan cairan yang masuk ke tubuh. Asupan air, mineral dan vitamin yang penting bagi kelembapan dan kesehatan kulit sangat menurun. Akibatnya bibir dapat pecah-pecah, kulit menjadi kering dan kusam, Sahabat mungkin juga tidak dapat tampil lebih segar.


Nah, untuk mencegah dan mengatasi mengurangi tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit kusam, dan menjaga kekenyalan kulit saat berpuasa sahabat harus memasukkan daftar buah-buahan yang segar dalam menu makanan. Buah tersebut antara lain:

1. ‘Blackberry’, ‘blueberry’, stroberi dan plum.
Menurut Dewan Informasi Makanan Internasional, keempat buah ini mengandung konsentrasi tinggi antioksidan. Meskipun penelitian ini masih belum meyakinkan, antioksidan (khususnya jenis yang dikenal sebagai flavonoid) dipercaya berkhasiat menetralisir radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Sangat mudah untuk mengingat makanan mana yang memiliki antioksidan karena mereka kaya akan warna.
 
2. Pepaya
      Kandungan di dalam pepaya berkhasiat menjaga kekencangan kulit dan mencegahnya kendur. Sebagai buah yang mengandung antioksidan terbanyak, buah tropis ini juga memiliki beta-karoten, vitamin C, flavonoid, folat, kalium, magnesium, dan serat. Vitamin C penting bagi produksi kolagen, protein yang menyediakan kulit dengan struktur dan memberi kekencangan dan kekuatan pada kulit.

3. Pir, kurma, apel dan pisang
      Serat — yang berguna untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh — sering dikandung dalam buah-buahan. Penelitian di School of Medicine Tufts University membuktikan, serat juga membantu mencegah racun mencapai jaringan kulit Anda dengan memindahkannya ke usus dan mengantarkannya ke luar sebagai kotoran. Pir, kurma, apel dan pisang, kaya akan serat, dan rasa manis alami mereka dapat memuaskan keinginan mengonsumsi gula. Gula pasir bisa menyebabkan peradangan yang bisa membahayakan kesehatan kulit sahabat.

4. Alpukat
      WebMD.com mencatat bahwa jika kulit sahabat kering, sahabat harus mulai mengonsumsi buah alpukat. Meskipun buah ini tinggi kandungan lemak, mereka kaya akan lemak tak jenuh tunggal_yang dikategorikan sebagai lemak sehat. Lemak tak jenuh tunggal sangat penting untuk kulit sahabat, karena mereka membantu melembabkannya dan menggantikan minyak yang terbuang saat kita menjalani rutinitas membersihkan muka. [modif YahooNews]

8 comments:

  1. Jarang banget saya makan-makanan diatas pada puasa tahun ini. Padahal dirumah banyak banget mas >.<

    ReplyDelete
  2. paling suka sama buat nomor 4, sukanya karena di buat jus

    ReplyDelete
  3. meski puasa sebentar lagi usai, masih bisa dipraktekin :)

    ReplyDelete
  4. Selamat idul firi maaf lahir dan batinSelamat idul firi maaf lahir dan batin

    ReplyDelete
  5. # Iam: Memang harus didasari dengan niat, agar mo makan makanan yang sudah tersedia sahabat :-)

    ReplyDelete
  6. # Ex-Dot: Betul,apa lagi ditambah cokelat..mantaf..

    ReplyDelete
  7. # Tukang colong: Silakan sahabat.

    ReplyDelete
  8. # Obat sakit 2011: Sama-sama sahabat. Mohon maaf selama ngeblog bikin sakit n salah kata..

    ReplyDelete