Bermeditasi saat makan

Meditasi dalam diterapkan segala suasana, saat bekerja, istirahat. Bahkan makan pun bisa juga dilaksanakan. Nah, berikut meditasi yang bisa kita lakukan saat makan suatu hidangan.


1. Before sitting down to eat, make sure you are hungry. Sebelum sahabat duduk tenang untuk makan, pastikan bahwa sahabat benar-benar dalam keadaan yang sangat lapar. Duduk dengan tegak, tenang, tutup mata dan fokus kita terhadap rasa lapar tadi.

2. Open your eyes and look at your plate. Sekarang buka mata sahabat dan perhatikan dengan seksama di sekitar piring. Perhatikan warna makanan, tekstur makanan, bahan-bahan yang diolah didalamnya, minyaknya. Waspadakan mata sahabat, jangan sampai hal-hal kecil mengganggu sahabat saat menikmati bentuk makanan ini.

3. Cut and spear. Ketika sendok sahabat mengambil nasi, memotong daging atau lauk yang di depan sahabat. Rasakan tekstur kelembutan lauk tersebut, kerenyahannya. Kemudian dengan mata tertutup, arahkan sendok ke dalam mulut, yang sudah terdapat makanan tadi. Rasakan sensasi saat gigi mengunyahnya. Nikmatnya sejuta rasa di lidah sahabat...mmmhh..

4. After finishing. Setelah selesai duduk dalam keheningan sebentar dan berkonsentrasi pada pencernaan Sahabat. Memvisualisasikan makanan yang beredar melalui sistem tubuh sahabat dan diubah menjadi energi.

Selamat bermeditasi.

5 comments:

  1. sehabis makan beristirahat dulu seperti meditasi makin bagus gan

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata bisa bermeditasi juga saat makan, Pastinya sob makan gak enak kalo keganggu sama hal-hal kecil yang ada disekitar.

    ReplyDelete
  3. ass
    setelah makan ternyata harus duduk dalam keheningan sebentar.
    marhaban ya ramadhan
    selamat berpuasa

    ReplyDelete
  4. wah meresapi banget nie klw makan kyak gini.

    ReplyDelete
  5. kalo di rumah saya bisa menerapkan, kalo di sekolah . . wah pasti ditinggal temen2 atau malah bisa telat masuk kelas, hehehe
    makasih infonya, ini cara makan yg bener2 enak ^^

    ReplyDelete