Sehat dengan Jalan Kaki

Beberapa manfaat yang kita peroleh dengan jalan kaki adalah:

1. Menangkal serangan jantung
Jalan kaki dapat memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian, kebutuhan oksigen dalam otot jantung terpenuhi dan jantung tetap bisa berdegup. Selain itu kelenturan pembuluh darah ateri tubuh yang terlatih menguncup dan mengembang akan terbantu oleh mengejangnya otot-otot tubuh yang berada di sekitar dinding pembuluh darah sewaktu melakukan aktivitas jalan kaki. Wal hasil, tekanan darah cenderung rendah, perlengketan antar sel darah akan berkurang.


2. Menjaga berat badan stabil
Dengan berjalan kaki secara rutin akan meningkatkan metabolism tubuh. Selain sejumlah kalori terbuang, kelebihan kalori dapat terbakar seiring meningkatnya metabolism tubuh. Sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

3. Mencegah kencing manis
Khusus bagi sahabat yang berbadan gemuk, denan berjalan dengan laju kecepatan kurang lebih 6km per jam dan waktu yang ditempuh sekitar 50 menit, akan menunda berkembangnya diabetes tipe 2.

4. Mencegah osteoporosis
Tubuh membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu kurang lebih 15 menit terappar sinar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Sahabat yang sering melakukan gerak badan sejak dini dan cukup mengkonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahunan diperkirakan masih terbebas dari penyakit pengeroposan tulang.

5. Mencegah penyakit Kanker
Melakukan gerak badan atau jalan kaki dapat memperlancar peristaltic usus, sehingga hal ini akan membuat buang air besar lebih lancar. Sehingga dengan jalan kaki dapat menjauhkan kita dari penyakit kanker, khususnya jenis kanker usus besar.

Nah, mulai sekarang mari kita budayakan berjalan kaki.

13 comments:

  1. Wah ternyata banyak juga ya manfaat jalan kaki :D

    ReplyDelete
  2. saya jalan kaki sehari bisa lebih dari 10 km :D
    apakah itu termasuk sehat??

    ReplyDelete
  3. John Terro : Luar bisa sahabat,itu sudah termasuk lebih dari cukup. Sahabat pasti merasakan keuntungannya.

    ReplyDelete
  4. Tiap hari jalan kaki saya bro, buat ke kantor karena dekat dengan rumah, padsahal kata orang jaraknya lumayan jauh. Tapi kalau biasa jadi dekat

    ReplyDelete
  5. Naribi : Iya Sahabat, kebiasaan akan menjadikan semuanya enjoy dan enteng dijalani.

    ReplyDelete
  6. terima kasih nasihatnya... memang benar kita harus berolahraga biar badan sehat, daya tahan fisik kuat :D

    ReplyDelete
  7. udah jarang jalan kaki lagi, biasanya tiap pagi jalan sekitar setengah kilo. kayaknya perlu diberdayakan lagi ni jalan kakinya, biar gak kena diabetes...!!!

    ReplyDelete
  8. Jalan kaki merupakan makanan keseharian saya. Dan benar apa adanya bila hal ini membuat badan kita menjadi lebih sehat.

    Belajar sesuatu yang kecil akan melahirkan sebuah sesuatu yang lebih besar.

    Sukses selalu.

    Salam ~~~ “Ejawantah’s Blog”

    ReplyDelete
  9. Sehat itu ga perlu mahal ternyata...cukup modal kemaunaan untuk sering berjalan kaki bisa membuat tubuh sehat...!!!

    ReplyDelete
  10. Betul shob, apalagi dilakukan pada pagi hari tanpa alas kaki .... selain badan sehat, pikiranpun ikut sehat juga.

    ReplyDelete
  11. zaman sekarang ini memang banyak sekali orang yang malas dengan berjalan kaki mungkin karena sudah semakn modern kali ya brow

    ReplyDelete
  12. saya mengamininya Mas, manfaatnya sudah saya rasakan saat rajin meLakukan aktifitas tanpa mengandaLkan peraLatan modern. tubuh menjadi Lebih bugar, begitupun seteLah beraktifitas tubuh menjadi LeLah dan mudah untuk meLakukan istirahat dengan LeLap, sehingga kuaLitas istirahatnya bisa terjaga dengan baik.

    ReplyDelete
  13. nice post
    jangan lupa kunjungi ini yaaaaa

    ReplyDelete