Mencegah Influenza

Influenza adalah penyakit infeksi yang dapat menular dan disebabkan oleh virus influenza. Virus ini menyerang saluran pernafasan bagian atas. Penularan influenza sangat mudah, yaitu melalui media udara pada saat berbicara dengan pasien penderita influenza, batuk dan bersin. Selain itu, virus influenza sangat mudah menulari orang lain dalam kurun waktu satu hingga dua hari sebelum timbulnya gejala. Itu makanya, penyebaran virus influenza sulit untuk dihentikan.


Gejala-gejala yang timbul apabila terserang penyakit influenza adalah:
  1. Demam dengan suhu mencapai lebih  Celcius selama lebih dari 3 hari.
  2. Sakit kepala
  3. Sakit otot di seluruh tubuh
  4. Pilek
  5. Sakit tenggorokan
  6. Batuk
  7. Badan lemah dan menggigil
Kemudian, pertanyaan yang timbul di benak kita adalah bagaimana cara agar terhindar dari penyakit influenza? Caranya adalah dengan mmelihara cara hidup sehat dengan berolah raga dan mengkonsumsi makanan yang sehat, yang diyakini dapat membantu kondisi kesehatan pada umumnya. Selain itu, seiring dengan kemajuan teknologi kedokteran, influenza yang diakibatkan oleh virus dapat dicegah dengan vaksinasi. Vaksinasi untuk perlindungan optimal terhadap penyakit ini telah direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO).


Vaksinasi influenza dapat diberikan sebelum musim influenza tiba. Di negara kita, musim influenza terjadi sepanjang tahun, sehingga untuk mencegahnya sesegera mungkin untuk dilaksanakan vaksinasi ini satu kali dalam setahun dengan masa perlindungan hingga setahun. Di kemudian hari, vaksinasi influenza dapat diulang setiap tahunnya. Untuk keterangan lebih lanjut tentang vaksinasi ini, mintalah saran kepada Dokter anda.

6 comments:

  1. Bermanfaat banget ni Mas tips menghindari sakit Flue...!!!
    Trimakasih dah share tipsnya. selamat menjalankan puasa tetap semangat dan happy blogging.

    ReplyDelete
  2. mas tipsnya keren dan sangat bermanfaat
    mampir ada artikel baru

    ReplyDelete
  3. Batuk dan pilek ini yang sangat menyiksa terhadap lingkungan sosial kawand

    ReplyDelete
  4. waLaupun ini masih daLam kategori penyakit ringan (kaLau enggak saLah), mengingat masa deritanya bisa mencapai Lebih dari 10 hari, efeknya sangat menggaggu aktifitas keseharian. bisanya kaLau gejaLa seperti di atas, saya menyikapinya dengan memakan makanan sehat, banyak minum air putih, istirahat yang cukup, dan konsumsi vitamin C. biasanya fLu itu tidak jadi dateng.

    ReplyDelete
  5. Klo kondisi tubuh kita bagus, walaupun sebelah kita ada orang flu niscaya kita tidak akan tertular.

    Baru tau ada vaksin buat flu, thanks sharingnya...!!!

    ReplyDelete
  6. susah menghindar nh klo sudah virus influenza merebak.... kita skarang tak bisa memprediksi kapan flu menyerang..
    saya baru tahu juga nh klo vaksin untu influenza....

    ReplyDelete