Tips bagi si Kurus

Pada saat yang lain sibuk mencari ramuan untuk mempertahankan atau bahkan mempertahankan berat badan, justru sebagian orang terjebak dalam kekurusan (badan yang kurus terus, berat badan tidak bertambah). 


Ada beberapa faktor yang menyebabkan orang tidak bisa gemuk, diantaranya:
  1. Faktor genetis atau garis keturunan yang kurus ( ^_^ ).
  2. Sistem Metabolisme yang cepat dapat mengakibatkan orang susah gemuk. Terlebih lagi jika mengalami kelainan pola makan seperti bulimia, memuntahkan makanan karena takut menambah berat badan. Selain itu, ada anorexia nervosa, ketakutan akan berlebih akan kegemukan.
  3. Gangguan fisik dan psikologis yang menyerang Anda. Gangguan psikologis, seperti stres dan depresi dapat mengakibatkan orang susah gemuk.
  4. Rutin mengkonsumsi obat-obat tertentu. Kadang kita tidak tahu,apabila obat-obatan yang kita konsumsi dapat menyebabkan sulit menambah berat badan. Untuk keterangan lebih lanjut, tanya pada dokter Anda khusus obat ini ^_^.
Jangan sepelekan badan kurus
Ya,kita jangan terlalu menganggap enteng masalah badan yang kurus ini. Jika badan terlalu kurus, akan mengakibatkan mudah terserang penyakit, seperti alergi, flu (pilek) dan batuk. Tidak hanya itu, Anda juga akan rentan terkena osteoporosis. Terlebih lagi bagi penduduk Asia dengan ukuran badannya yang lebih kecil, lebih tinggi memiliki resiko terkena kerapuhan tulang. Di samping itu, energi badan akan lebih cepat terkuras. Sehingga Anda akan lebih sering letih dan malas. Dan ini semua akan menggangu konsentrasi dan produktivitas Anda di mana aja.


Setidaknya ini ada 8 tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat tubuh lebih berisi:
  1. Perhatikan proporsi makan. Kita harus memilih makanan yang tepat dan sehat. Harus diperbanyak makan makanan sayuran, buah-buahan dan bahan makanan yang mempunyai serat karbohidrat kompleks dan proteoin.
  2. Perbanyak kalori. Untuk menambah berat badan sebanyak 0,5 kg, Anda membutuhkan tambahan kalori dari makanan setidaknya 3.500 kalori. Hal ini dapat diperoleh dengan mengkonsumsi gandum, daging, telur dan susu.
  3. Cukup protein. Makanan yang memunyai kandungan protein tinggi dapat membantu badan untuk membentuk dan memperkuat otot.
  4. Gunakan lemak baik. Pilihan lemak yang terbaik adalah asam lemak omega-3 dan omega-6, yang bisa diperoleh dalam makanan walnut, alpukat, buah zaitun dan ikan salmon.
  5. Selektif terhadap jenis minuman. Minuman yang dapat menambah kalori antara lain koktail, jus buah dan susu. Meskipun begitu, air putih tetap merupakan pilihan utama untuk melepas dahaga Anda.
  6. Mengudap secara selektif. Mengudap merupakan salah satu cara termudah untuk menambah kalori, tetapi harus ingat, untuk selalu bijak dan selektif. Tidak sembarang makanan yang bisa dikudap. Kudapan yang pas adalah mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.
  7. Berolah raga dengan rutin. Olah raga berintensitas yang tinggi dan berfrekwensi rendah dapat menambah berat badan. Contohnya melakukan gym (senam) dengan durasi olah raga tidak lebih 1 jam (apabila hal ini dilakukan 3-4 kali dalam seminggu). Sebaiknya Anda jangan terlalu berlatih beban, agar kelompok otot besar bisa terbentuk.
  8. Tidur yang cukup. Durasi waktu yang ideal adalah 7-8 jam per malam. Sebelum tidur, minumlah segelas susu hangat agar mempercepat proses tidur dan menambah kalori Anda.
Semoga sukses....

5 comments:

  1. Tips yang mantap bagi yang ingin badannya berbobot..

    ReplyDelete
  2. Tips yang kudu di coba ni...biar sixpack ni perut...!!
    thanks boz bt tips-y...nice posting.

    ReplyDelete
  3. saya termasuk daLam kategori ini, suLit untuk gemuk padahaL jumLah porsi makan sudah ditingkatkan tapi tetap aja enggak bisa gemuk. benar sob, dengan kondisi badan seperti mudah terserang beberapa penyakit ringan seperti fLu dan batuk, apaLagi masuk angin.
    terima kasih atas sharenya, bermanfaat bagi saya (khususnya).
    ijin menjadi foLLower di bLog ini, saLam kenaL.

    ReplyDelete
  4. LAgu Indonesia Raya di tunggu di blog ini aja,,, biar kita semua sehat bos... heheheh

    ReplyDelete
  5. Salam kenal maukah menjadi follower di blog saya

    ReplyDelete