Sisi lain Internet

Internet memang sangat terkenal di telinga kita. Dari Sabang sampai Merauke, dari remaja sampai orang dewasa, bahkan anak kecil sudah mengenal internet. Bahkan mereka punya account di Facebook. Sehingga ada istilah "Pecandu Internet", bagi beberapa orang yang suka aktivitas on line ini. Berikut ini, perlu menjadi wacana kita, apabila kita termasuk salah satu "Pecandu Internet".


Sebuah penelitian yang dilakukan di Guangzhou, Provinsi Guandong, terhadap anak remaja, pelajar dengan usia antara 13-18 tahun, menyimpulkan bahwa remaja yang tergila-gila dengan Internet dua kali lebih cenderung untuk menyakiti dirinya sendiri dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak terlalu terobsesi dengan internet. Seperti memukul, menjambak rambut, mencubit, bahkan membakar diri sendiri dengan sengaja. Bahkan bagi beberapa penggila internet, hal ini dilakukan dengan lebih ekstrim.
Kenapa bisa terjadi seperti ini??? Jika merujuk dari para peneliti, mereka (remaja penggila internet) mempunyai kecenderungan depresi dan sangat gugup apabila tidak onLine. Mereka tidak bisa memikirkan hal lain, selain onLine di duni maya.
Nah, para remaja dan khususnya orang tua, harus lebih waspada terhadap aktivitas onLine putra-putrinya. Semoga para Blogger bisa menjaga diri dan bisa menentukan apakah kita termasuk salah satu "Pecandu Internet" seperti di atas atau Lebih baik...

4 comments:

  1. PERTAMAX...
    lihat dulu ach.....

    ReplyDelete
  2. masa sih
    pasti dampak dari negatifnya
    positfnya juga banyak

    ReplyDelete