Tips merawat bayi

Nich posting saya peruntukkan bagi sahabat blogger yang akan mempunyai bayi. Khususnya saya ^_^, karena sebentar lagi akan mendapat amanat seorang bayi.
Posting kali ini akan membahas beberapa tips bagaimana merawat bayi.
1. Masalah mandi
Sebelum bayi dimandikan, pastikan suhu air yang digunakan untuk mandi sama dengan suhu tubuh si bayi. Seyogyanya dalam beberapa minggu pertama bayi dimandikan dengan menggunakan spons yang lembut, daripada dimandikan dalam ember bayi atau bath tub.
2. Merawat pusar
Secara default alias normal, tali pusar pada bayi dipotong setelah kelahiran. Tentunya akan meninggalkan luka dan bekas luka akan mengering dan jatuh dalam waktu 3 minggu. Kemudian bagian bekas luka tersebut akan membentuk bintik basah pada pusar bayi. Tidak khawatir, bintik ini akan menghilang beberapa hari dan sembuh. Untuk mencegah terjadinya infeksi, pastikan pusar bayi selalu dalam keadaan bersih dan kering. Jangan menutupi pusar dengan kain atau pampers sampai luka pada pusar sembuh total.
3. Masalah popok
Popok yang digunakan harus diganti setiap kali bayi selesai mengompol atau apabila popok basah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan timbulnya lecet karena iritasi dari popok yang basah tersebut. Untuk membersihkan popok selalu gunakan sabun antiseptik. Usahakan membersihkan popk secara terpisah dan dijemur di luar ruangan yang mendapat sinar matahari. Karena sinar matahari dapat membantu mematikan bakteri.
4. Pakaian si bayi
Seorang bayi membutuhkan pakaian yang lembut, higienis dan nyaman. Gunakan pakaian yang sederhana dan praktis. Untuk menjaga pakaian tetap higienis dan lembut, gunakan air hangat pada saat mencucinya.
5. Selau mencuci tangan
Biasakan mencuci tangan pada saat:
  • Sebelum menyentuh si bayi.
  • Sebelum menyiapkan makanan dan minuman untuk si bayi.
  • Sebelum menyuapi si bayi.
  • Sesudah memandikan dan membersihkan bayi.
Tentunya sikap menjaga kebersihan tangan dengan mencuci untuk mencegah dan menurunkan resiko si bayi terserang penyakit.
6. Masalah lingkungan dan mainan bayi.
Seperti halnya pakaian, popok dan tangan, maka lingkungan dan mainan bayi harus tetap terjaga higienis. Biasakan membersihkan tempat tidur, mainan bayi, perabotan dan lantai untuk menjaga si bayi dari kuman.

3 comments:

  1. Belajar merawat bayi..
    Selamat dah mo diberi momongan sob.

    ReplyDelete
  2. Belajar CorelDRAW : Makasih sahabat.

    Menjadi Blogger Yang Bahagia : Kalao belum, bisa diinfokan ke tetangga sebelah.

    ReplyDelete