Manfaat Tanaman Lidah Buaya

Tanaman Lidah Buaya atau Aloevera adalah salah satu tanaman obat, yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan tanaman ini sudah digunakan sejak jaman dulu, sekitar tahun 1875 SM. Adapun penyakit yang bisa disembuhkan adalah bisul, kulit memar, rambut rontok, wasir, kulit pecah-pecah, lecet dan radang tenggorokan.
Tanaman lidah buaya mempunyai kandungan nutrisi yang cukup tinggi bagi tubuh manusia. Itu sebabnya, tanaman ini berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.
Ramuan Lidah Buaya
1. Penyubur Rambut
Cara meracik: 2 pelepah lidah buaya dicuci dan dikupas. Kemudian isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas (yang telah dilakukan pada mandi sore). Bungkus dengan kain selama semalam. Keesokan harinya rambut dibilas. Hal ini dapat dilakukan setiap hari selama 3 bulan.

2. Sakit Radang Tenggorokan
Cara meracik: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau dapat dicampur dengan blender. Dapat ditambahkan satu sendok makan madu murni untuk rasa manis. Minum 3 kali sehari.

3. Sakit Sembelit
Cara meracik: Setengah batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah gelas air hangat. Tambahkan satu sendok makan madu murni. Diminum 2 kali sehari. Dapat disajikan dalam keadaan hangat-hangat airnya.

4. Penurun kadar gula rendah
Cara meracik: 1 pelepah lidah buaya dibersihkan, dicuci dan dikupas. Rendam selama 30 menit di dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas dibawah air yang mengalir. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Air didinginkan dan dapat disajikan. Minum sebanyak setengah gelas selama 2-3 kali sehari.

7 comments:

  1. ternyata manfaat-nya bny y.. d makan juga enk

    ReplyDelete
  2. Ya kawand.
    Lidah buaya biasanya aku gunakan untuk mengatasi rambut rontok.

    Selamat beraktifitas

    ReplyDelete
  3. Berkunjung pagi sambil membaca informasi yang terbaru.

    Banyak juga ya ternyata khasiat lidah buaya ini

    ReplyDelete
  4. Baru tahu jika dapat mengatasi penurunan darah rendah si lidah buaya ini.
    Salam ukhuwah

    ReplyDelete
  5. chika emang sering sih make lidah buaya buat rambut karena sering rontok hehee

    ReplyDelete
  6. Iya sob betul sekali. kebetulan di rumah banyak sekali lidah buaya. Selain buat obat juga bisa buat makananan biasanya dibuat setup atau campuran kolak..

    Maaf telat, maaf lahir batin sob...

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu masih smp saya sering menggunakan lidah buaya karena memang rambut saya yag cukup sedikit hehehe...tapi memang cukup manjur juga lidah buaya ini.

    ReplyDelete