Hati-hati terhadap Rokok

Fenomena yang kita lihat di masyarakat adalah hampir semua orang merokok. Bahkan anak kecil pun juga ada yang menghisap asap rokok. Apa sich manfaat merokok? Banyak manfaatnya atau mudhorotnya? Nah, berikut ini beberapa alasan yang dapat gunakan Anda tentang rokok:
  1. Rokok dapat meningkatkan bahaya kanker pada paru-paru dan bibir. Semakin banyak anda merokok, semakin besar pula resiko meninggal akibat kanker.
  2. Rokok dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang berbahaya bagi paru-paru, seperti bronchitis dan emphysema.
  3. Rokok dapat menyebabkan borok lambung atau membuat si penderita penyakit tersebut semakin parah.
  4. Anak-anak yang orang tuanya perokok lebih sering menderita radang paru-paru (pneumonia) dan penyakit pernafasan lainnya dibandingkan dengan anak-anak yang orang tuanya tidak merokok.
  5. Rokok dapat memperbesar resiko akan menderita penyakit jantung atau pembuluh darah otak (stroke), bahkan menimbulkan meninggal dunia dari penyakit tersebut.
  6. Bayi yang dilahirkan dari Ibu yang merokok akan lebih kecil dan tumbuh lebih lambat daripada bayi yang ibunya tidak merokok. 
  7. Kebiasaan merokok dapat menimbulkan penyakit boros uang. Kelihatannya uang yang digunakan untuk membeli rokok tidak banyak, tetapi jika dikulmpulkan, jumlahnya akan banyak.
Di negara-negara berkembang, uang yang dihabiskan penduduk untuk membeli tembakau atau rokok lebih banyak daripada uang yang diberikan negara bagi setiap penduduk untuk program kesehatan. Jika uang yang digunakan untuk membeli rokok tersebut dipakai untuk membeli makanan, maka anak-anak dan seluruh keluarga akan menjadi lebih sehat.

4 comments:

  1. Iya nich kawan.aku perokok nich.gmana ya

    ReplyDelete
  2. [Tomo] Kalau bisa ya dikit demi sedikit dikurangi. Karena kita juga juga tahu, susah banget untuk menghilangkan kebiasaan merokok.
    [Uswah] Betul, tapi berbahayanya tidak dapat dilihat secara langsung.

    ReplyDelete
  3. anak-anak laki-laki SMP juga bnyak yang sudah nge'rokok.

    ReplyDelete