Khasiat Daun Sirih

Daun sirih dapat tumbuh dimana aza, bahkan setiap pojok halaman pasti kita akan menemuinya. Kita tidak usah repot-repot mencarinya. Kenapa kita mencarinya? Pengin tahu khasiat atau manfaat daun ini? Let's do read this post :-)


Kandungan Daun Sirih:
  1. Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.
  2. Daun sirih bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.
  3. Daun sirih bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.
Daun sirih dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi. Selain itu, Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.
Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan:

1. Mimisan
Mimisan adalah keluar darah dari hidung. Cara Pengobatan dengan daun sirih : Ambil daun sirih satu lembar. Kemudian gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya. Langsung gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah.

2. Diare
Diare adalah pasien mengalami rangsangan buang air besar yang terus-menerus dan tinja atau feses yang masih memiliki kandungan air berlebihan. Cara penggunaan:
Siapkan bahan:
  • 4 – 6 lembar daun sirih
  • 6 biji lada
  • 1 sendok makan minyak kelapa.
Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, kemudian gosokkan pada bagian perut. Bisa dilakukan berulang-ulang, hingga diare sembuh.

3 comments:

  1. wah thansk nie infonya klo untuk kebetulan saya batuk berdahak nie

    ReplyDelete
  2. [Gudang Ilmu] silakan kunjungi http://bengkel-sehat.blogspot.com/2010/05/kenali-batuk-anda.html

    ReplyDelete
  3. terima kasih tipsnya
    sangat bermanfaat.

    ReplyDelete