Meredakan radang tenggorokan

Sering merasakan tenggorokan sakit ketika menelan, bisa jadi itu gejala radang tenggorokan. Meskipun kelihatannya sepele, jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menibulkan komplikasi, seperti demam.
Radang tenggorokan terjadi karena kegagalan kelenjar limfe melawan bakteri atau virus. Salah satu gejala yang terjadi adalah sakit pada tenggorokan, sebagai tanda awal adanya infeksi saluran pernafasan bagian atas.
Sebagian besar kasus radang tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya tanpa obat-obatan. Untuk meredakannya, berikut tips-tips yang bisa kita lakukan.
  1. Istirahat yang cukup
  2. Berkumur air garam yang hangat atau obat kumur untuk mengurangi rasa sakit. Untuk membuat larutan air garam, campurkan 1/4 sendok teh garam ke dalam 1/2 cangkir air hangat.
  3. Makanlah tablet isap (lozenges). Tablet ini sangat bermanfaat untuk mengurangi gejala peradangan dan sakit tenggorokan karena mengandung antiseptik, yaitu zat yang dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan kuman, khususnya di selaput lendir mulut dan tenggorokan.
  4. Banyak minum air atau jus buah. Minumlah sekurang-kurangnya 8 gelas air per hari untuk menjaga agar tenggorokan tidak kering.
  5. Minumlah obat pereda sakit dan penurun demam jika perlu, seperti asetaminofen.

6 comments: