Mari mengusir flu

Musim sekarang sulit ditebak, kadang hujan kadang panas. Sehingga membuat banyak sekali penyakit yang mudah terserang pada kita. Salah satu penyakit yang mudah menyerang adalah flu. Bahkan flu ini kerap kali disertai dengan demam dan sakit kepala yang sangat mengganggu. Resiko terserang flu biasanya meningkat pada usia lansia (usia lebih dari 65 tahun) atau pengidap penyakit kronis, seperti penyakit jantung, hipertensi, diabetes, paru-paru dan asma.
Berikut ini tips mengusir flu:
1. Kuatkan tubuh sahabat. Tubuh yang sehat dan pikiran tenang merupakan benteng utama sahabat terhadapat flu, tegas Frances Slater "Presiden Association for Professionals in Infection Control and Epidemiology (sebuah kelompok pencegahan infeksi di Washington DC). Redakan stress sahabat, cukup tidur (kurang lebih 8 jam) dan olah raga teratur.

2. Giatkan cuci tangan. Sebagian besar virus menyebar dan menular akibat kontak jabat tangan. Sering-seringlah cuci tangan. Seyogyanya mencuci tangan menggunakan air hangat yang mengalir selama 15 detik, gunakan sabun antiseptik. Usap-usaplah bagian tangan dan sela-sela jari tangan sahabat.

3. Minum yang cukup. Silakan konsumsi air minum yang cukup, sekitar 2000 ml. Terlebih agi sahabat bekerja di daerah AC secara terus menerus di dalam ruangan, melakukan aktivitas berat, bekerja di bawah terik matahari.Hal ini membutuhkan lebih banyak air minum.

4. Perkaya asupan nutrisi tubuh sahabat. Sebagian besar minuman yang sahabat habiskan, dianjurkan berupa minuman jus buah segar. Selain menyegarkan, jus buah berlimpah vitamin C serta betakaroten (merupakan antioksidan kuat pelawan flu yang ampuh). Hindari makanan awetan/ olahan/ instan yang telah banyak mengandung kerusakan gizi, kecuali makanan olahan tradisional dengan cara fermentasi seperti tempe dan yogurt. Tanaman jamu-jamuan yang rasanya pahit, sangat bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti daun pepaya, saun sambiloto, brotowali, pare. Hal ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan mencegah flu.

6 comments:

  1. info yang sangat bagus, semoga berguna bagi pembaca,



    (thank's for your comment on my blog )

    ReplyDelete
  2. Mantaf,nice info tuk pertahanan diri sob..

    ReplyDelete
  3. iya harus banyak minum air putih

    ReplyDelete
  4. Terima kasih, tips nya sangat bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  5. Sederhana juga ya cara mengusir flu.. Thx Gan.

    ReplyDelete
  6. pas banget ade ane lagi flu, makasih gan, heheh..
    Tips Kesehatan dan Kecantikan

    ReplyDelete