Terapi Gizi I

Terapi Gizi - Tubuh selau melakukan pembaruan secara terus-menerus: setiap detik terdapat jutaan sel yang mati. Makanan menyediakan bahan baku untuk pondasi dan regenerasi tubuh. Berbagai penelitian dan pengalaman klinis menunjukkan bahwa perubahan diet dan suplemen gizi dapat memulihkan dan menjaga kesehatan dan kesejahteraan tubuh, serta membantu untuk mengobati berbagai kondisi tubuh sehari-hari. Pendekatan nutrisi adalah langkah efektif untuk mencegah dan mengobati kondisi serius seperti penyakit arteri koroner, kanker stroke, dan diabetes.

Diet Pertama:  Karbohidrat
Karbohidrat - gula, pati dan serat merupakan unsur-unsur dari karbon, hidrogen dan oksigen. Mereka mempunyai peran utama untuk menyediakan sumber energi bagi tubuh.

Gula
Bangunan dasar dari semua karbohidrat adalah satu molekul gula, seperti glukosa atau fruktosa, atau lebih dikenal sebagai monosakarida. Disakarida adalah dua monosakarida, yang didalamnya terkandung sukrosa, misalnya, berisi glukosa dan fruktosa. Gula bersifat intrinsic dalam buah dan sayuran, karena gula sudah termasuk ke dalam struktur makanan, bersembunyi di dalam dinding sel.
Gula juga terkandung dalam beberapa makanan, seperti biscuit dan sereal manis. Dalam hal ini, gula tidak terikat ke dalam struktur makanan, yang dikenal dengan ekstrinsik.
Umumnya, makanan yang terkandung dengan gula intrinsik lebih sehat daripada gula ekstrinsik; apel lebih sehat untuk makan dari pada sepotong kue. Makanan yang mengandung gula intrinsik cenderung melepaskan energi lebih lambat ke dalam aliran darah dibandingkan dengan makanan yang mengandung gula ekstrinsik.
Pati
Juga disebut sebagai karbohidrat kompleks. Makanan yang mengandung pati adalah sayur-sayuran, roti, pasta, nasi, kentang, kacang-kacangan dan sereal sarapan. Pati mempunyai dua bentuk utama bentuk. Jenis pertama Refined pati atau pati yang dimurnikan, seperti yang ditemukan dalam roti putih, nasi putih dan yang paling umum tersedia adalah pasta, seperti terkandung di dalam vitamin serat dan kandungan mineral.
Pati yang dimurnikan lebih kaya serat dan nutrisi dari yang lain, karena jenis ini lebih halus. Sehingga pati yang dimurnikan merupakan nutrisi yang unggul. Pati ini cenderung untuk memberikan lebih lambat, lebih berkelanjutan pelepasan gula ke aliran darah, dimana hal ini sangat penting bagi kesehatan baik dalam jangka pendek dan jangka panjang.
Jenis kedia adalah pati yang tidak dimurnikan, contohnya roti gandum, coklat nasi, pasta gandum dan gandum digulung.
Serat
Serat adalah pabrik bahan yang dicerna dan kadang-kadang disebut sebagai polisakarida non-pati (NSP). Serat terbagi dalam dua bentuk utama. Yang pertama adalah serat larut, larut dalam usus. Serat ini mempunyai fungsi untuk membentuk zat seperti gel tebal yang memperlambat rilis beberapa nutrisi, khususnya gula, ke dalam aliran darah. Disamping juga untuk membantu mengendalikan tingkat kolesterol dalam darah, yang dapat membantu untuk mengurangi resiko penyakit arteri koroner.
Serat yang kedua adalah Serat tak larut, tidak larut dalam saluran pencernaan dan karena itu menambahkan bulk ke tinja. Hal ini berguna untuk mencegah sembelit dan diet serat ini dapat menurunkan risiko kanker usus besar.
Diet makanan yang kaya serat tidak larut juga dapat mengurangi risiko kondisi lain, seperti wasir dan penyakit divertikular (kantong abnormal pada lapisan usus besar yang dapat menjadi terinfeksi dan menyebabkan perdarahan atau perforasi dari dinding usus).
Sumber makanan yang mengandung serat larut adalah buah-buahan, sayuran, buncis, gandum, barley dan rye. termasuk didalamnya gandum (dimurnikan) sereal, seperti gandum roti beras, coklat dan pasta gandum, serta biji dan kacang-kacangan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berserat, seperti wortel, seledri dan kubis.

16 comments:

  1. kayanya perlu dcoba Brad terapi gizi walupun saya cukup susah untuk melakukan diet seperti di sebutkan diatas...tapi sedikit2 bisa dicoba...!!!

    maaf Brad br bs brkunjung sukses selalu.

    ReplyDelete
  2. GIzi sangat di butuhkan oleh tubuh kita..

    ReplyDelete
  3. berkunjung mencari info yang bermanfaat.
    salam kenal n sekalian izin follow
    jika berkenan follow balik ya
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. intinya kan cuma C H O dan N saja kan om?

    ReplyDelete
  5. wah...terimakasih banyak ni atas infonya...
    sangat berwawasan sekali....

    saya ijin follow ya di blog ini....

    ReplyDelete
  6. trimakasih dah mampir d blog qw n ngasih masukan, ada yg ingin aqw tanyaain nich, maksudnya yg spt apa..? "form commentnya ada yang ketutup saat verifikasi sahabat." biar qw betulin letak errornya d mana demi kemajuan blog aqw thank's sebelumnya ya...

    ReplyDelete
  7. ya terapi Gizi penting kawand.

    Selamat hari Pahlawan.
    Salam Buat Bung Tomo

    ReplyDelete
  8. Keseimbangan gizi juga perlu dalam diet... ada orang yang benar-benar menghilangkan karbohidrat dalam diet. ternyata ini juga sangat berbahaya ya sob...

    Last blog on Blog Keluarga Melihat Perkembangan Motorik Buah Hati

    ReplyDelete
  9. nice post sobat....
    salam knl ya....
    jika berkenan silahkan mampir balik...

    ReplyDelete
  10. Emang Kita semua sebagai manusia memerlukan Gizi klo gak wahh bisa copot kita hehehehehhe..:)
    salam knl mas..:)

    ReplyDelete
  11. Orang sehat atau orang sakit faktor paling utama adalah makanan, Pola makan, cara makan dsb.
    Sesuatu secara alami bisa masuk tubuh adalah melalui mulut. Mulut adalah pintu gerbang masuknya segala sesuatu ke dalam tubuh.
    Jika ingin sehat maka harus makan teratur, ada pepatah makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Apa artinya ?
    Ya makan secukupnya saja dan tepat waktunya.

    ReplyDelete