Kurma untuk kesehatan

Kurma adalah jenis makanan dari tanah Arab. Walaupun begitu, kita dapat dengan mudah memperolehnya di negeri kita. Konon kurma hanya bisa tumbuh dan berkembang di Arab, tetapi seiring perkembangan teknologi kini kurma bisa berkemang di Indonesia. Tapi lebih detailnya saya belum paham (mohon maaf ya…infonya tidak sampai ke proses penanaman pohon kurma ^_^).

Kurma sering kali kita temui saat satu bulan sebelum Hari Raya Idul Fitri, tepatnya pada bulan Ramadhan. Buah ini mempunyai banyak kelebihan untuk kesehatan kita. Namun, sayang kurma banyak hanya ditemui saat Ramadhan saja. Mari kita simak beberapa kelebihan buah kurma, agar kita bisa menyediakan kurma setiap hari di rumah kita.

Manfaat kurma untuk kesehatan:

a. Kurma dapat mencegah penyakit kronik seperti penyakit jantung & kencing manis. Berdasarkan kajian Prof. Madya Asiah Zain, Pensyarah Sains Makanan, Fakulti Sains Makanan dan Bioteknologi, Universti Putra Malaysia (UPM) menyatakan "Dari segi perobatan, mengkonsumsi kurma setiap hari dapat mengurangi risiko seseorang diserang penyakit kronik seperti jantung dan kencing manis kerana mengandungi zat galian seperti potasium, kalsium dan zat besi yang dapat menyehatkan sel darah merah".

b. Kurma dapat merangsang dan memudahkan kehamilan. Buah kurma mampu memanaskan badan dan merangsang kesehatan wanita hamil dan anak yang dikandung, memudahkan wanita bersalin dan memberi tenaga.

c. Kurma mampu membunuh kuman dalam badan, seperti diriwayatkan oleh Saidina Ali r.a.:
"Barangsiapa yang memakan 7 butir tamar setiap hari, ia akan membunuh semua kuman di dalam badannya"
d. Buah kurma dapat membantu anak-anak mencapai kecerdasan dan proses pertumbuhan, anak-anak sejogyanya mengkonsumsi lebih banyak buah kurma.

4 comments:

  1. kurma emng enaak , manis lagii

    ReplyDelete
  2. lama g singgah kat sini blognya keren euy, ramping dan ringan. kurma juga salah satu favirit saya, tapi g tau kenapa kalau saya makan kurma gigi saya malah sakit

    ReplyDelete
  3. Sama-sama sahabat. Semoga kedepannya lebih terjalin ukhuwahnya.
    Sekarang ada yang berbentu cair, sehingga tidak perlu mengunyah sahabat.

    ReplyDelete